Halaman

Sabtu, 20 November 2010

Cara Mengganti Template Blog

Oke lah kaloo begitoo, langsung saja saya jelaskan cara pertama, dengan menggunakan Blogger Template Designer,



Seperti biasa login blogger sobat.

Cari Rancangan, pilih Edit HTML.


Klik Download Template Lengkap (wajib untuk membackup template sobat)


Klik perancang template,  maka tampilan yang pertama muncil kira - kira seperti gambar di bawah. Saya sarankan jika selesai mengedit di setiap menunya ingat klik  APPLY TO BLOG 
Contoh tampilan perancang template blogger

a. Templates.

Ket :
  1. Pilihan template, disana sobat bisa memilih template yang sudah disediakan oleh blogger.
  2. Sub template, disini disediakan, beberapa sub dengan background dan warna yang berbeda.
jika sobat sudah memilih jenis templatenya klik, yang di bawah layar kerja adalah previewnya jika kurang jelas sobat bisa klik expand preview.  Untuk memunculkan kembali ktrol editingnya, klik  Show Control.


b. Background.

Pada bagian background disana disediakan banyak jenis pilihan background yang bisa sobat pakai sesuka hati sobat.
Tampilan Pada menu background

Disana terdapat, beberapa pilihan, yaitu :

Backgound Images, jika sobat klik gamabar kotak yang ada di background images, maka sobat akan diberikan banyak sekali pilihan background.
Tampilan pilihan Background Images
Jika sobat ingin menggunakan gambar piihan sobat sendiri, sobat juga bisa menguploadnya. Upload ada di bawah tulisan Select Background Images, sobat bisa mengupload file  JPG, GIF, atau PNG, dengan ukuran diatas 300k (diasna sudah ada penjelasannya ). Jika sudan selesai mengganti background dengan Images Klik  Done 

• Main color theme, adalah warna yang dominan muncul dalam blog sobat, sobat bisa menentukan sendiri wana yang sobat inginkan, tinggal klik kota kecil yang ada di bawah tulisan Main Color Theme.


• Use default background and colors, fungsinya untuk mengembalikan background dan warna ke posisi semula.




c. Layout


Layout disini bisa diartikan rancangan atau tata letak, kita bisa menentukan tata letak dari body dan footeer, disini kita diberikan pilihan beberapa kolom untuk layout design blog sobat. Sobat juga bisa mengatur lebarnya secara otomatis.

Body Layout : adalah susunan tata letak dari  main wrapper sampai sidebar. disini kita diberikan delapan macam pilihan, sobat bisa pilih sendiri dan sesuaikan dengan kebutuhan blog sobat.
Pilihan layout Body
Footer Layout : Susunan atau tataletak kolom di bagian bawah body, disini kita diberikan cuma tiga pilihan kolom. Kenapa cuma tiga kolom? untuk alasan yang pasti saya sendiri tidak tahu, mungkin alasannya tiga kolom lebih ideal, kalau lebih dari tiga kolom akan terlihat berjubel dan membuat loading blog semakin lambat.
Pilihan Layout Footer

•Adjust Width : untuk mengatur lebar sidebar dan entri blog.
Tampilan Adjust Width

Selain dari template bawaan kita sebenarnya bisa menambahkan satu kolom widget di bawah header, atau dua kolom di bawah header, atau juga bisa menambah tiga kolom di atas header. Cara menambahnya bukan dari sini, tetapi melalui Edit HTML.



d. Advance.


Dalam menu Advance ini kita dapat mengatur fonts, teks, warna teks , dan wana latar dari judul. Caranya tidak begitu sulit, link dan sebagainya, mungkin yang ini tidak saya jelaskan secara mendetail, saya yakin sobat bisa langsung mengerti cara mengeditnya.
Tampilan Advance


Jika sudah selesai melakukan pengeditan ingat klik  APPLY TO BLOG   , untuk melihat hasilnya secara langsung sobat bisa klik View Blog


Cara yang kedua adalah melalui edit HTML.


Disini caranya sangat mudah, tetapi sebelum menupload template, tentunya sobat harus template yang akan sobat masukkan. Banyak situs - situs atau blog yang menyediakan template blog gratis, sobat tinggal serch aja "Free Template Blogspot" pasti banyak heheheh. Biasanya sobat akan mendapatkan file dalam bentuk XML,


ini saya ada linknya, silahkan dinikmati bli..,,
http://www.zoomtemplate.com/
http://x-template.blogspot.com/
http://freetemplates.blogspot.com/

atau sobat juga bisa mengunjungi blognya Asrizal, disana dia menyediakan beberapa Blogger Template SEO Friendly :
http://asrizalwahdanwilsa.blogspot.com/2010/09/blogger-template-seo-friendly.html

Jika sobat sudah memiliki templatenya, sekarang sobat langsung menuju Rancangan, pilih Edit HTML. Untuk menghindari kesalahan, sebaiknya sobat backup template milik sobat terlebih dauhulu, caranya, klik Download Template Lengkap.

Kemudian klik Browse, pilih template yang sobat simpan di driver sobat, jika sudah klik Ungguh.


Setelah sobat upload, sebaiknya klik pertinjau dahulu yang ada di bagian bawah untuk melihat hasilnya, dan apa bila sudah benar itu template yang sobat maksd heeee silahkan simpan template.

Jika terjadi seperti gambar di bawah...... (Sebaiknya dipertinjau dahulu ),

Itu artinya sobat tidak memiliki widget yang dimaksud, saran saya pertahankan widged saja, jika sobat ingin menghapus juga tidak apa - apa itu terserah sobat hahahaha...!!

Jika sudah silahkan lihat blog sobat

Mungkin sekian dulu cara mengganti template blog, jika kurang jelas dengan penjelasan saya silahkan hubungi saya lewat FB, atau meninggalkan pesan di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat,....

Bagi para master dimohon kritik dan sarannya, jika terdapat kesalahan dalam penjelasan saya diatas, dimohon untuk dikoreksi heeeeee...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar