Halaman

Selasa, 09 November 2010

SMADAV : Antivirus Lokal Kemampuan Internasional

Kejadiannya berawal dari pesan “low disk space” di folder yang disharing dan memang sengaja dibuka untuk bisa diakses dari komputer klien (jaringan).
low-diskspace2
Perasaan sudah setiap kali di update data lama dihapus dari folder tersebut tapi kok muncul pesan kehabisan ruang “low disk space” yang mengganggu terus menerus, kita hapus file yang kurang penting juga tidak membantu. Akhirnya timbul kecurigaan akan serangan virus, padahal sudah update virus definition terbaru. Spesifikasi komputer menggunakan perlindungan 2 lapis, avira free desktop dan returnil. Menggunakan Avira degan alasan free dan lebih ringan penggunaan memorynya, sedangkan returnil mirip dengan deepfreeze, membantu kita mengembalikan setingan awal untuk komputer yang diakses banyak orang. Tetapi masih tembus juga virus bisa masuk, tapi untungnya dengan perlindungan tersebut penyebaran virus bisa dihambat hanya di folder yang disharing tadi.
Gejalanya gambar seperti berikut :
virus

dengan ciri-ciri :
  • Thumbnail gambar tidak muncul, hanya muncul icon gambar
  • Ekstensi gambar bukan jpg tetapi .exe
  • Menyerang file gambar
Sedangkan jika di scan dengan avira dengan udate terbaru tidak terdeteksi adanya virus, akhirnya searching di internet mencari virus yang gejalanya seperti diatas, dan ternyata variannya sangat banyak. setelah ketemu beberapa jenis virus yang dicurigai dengan kejadian serupa, mencari kembali antivirus yang bisa mengobati dengan gejala yang sama, ada beberapa pilihan antivirus, tapi harus bisa di sandingkan dengan avira untuk alternatif antivirus dari luar, akhirnya memilih mencoba, Smadav yang ternyata anti virus yang dibuat oleh orang Indonesia, mungkin pemikiran saya yang kurang benar terhadap anti virus luar yang terlalu berlebihan “virus luar minded” tanpa mencobanya terlebih dahulu.
Instalasi smadav juga sangat mudah, tinggal download versi terbaru dengan alamat http://www.smadav.net/, ada dua plihan yang free dan yang pro. Saya mencoba yang free Smadav versi 7.5 dengan mengunduh terlebih dahulu smadav75.zip, kemudian kita ektrak kemudian kita jalankan file smadav 2009 rev. 7.5 yang besarnya cuma 755 kb, kita instal dengan mengikuti prosesnya.
kemudian kita jalankan file yang ada di taskbar, bisa dobel klik atai klik kanan - open scanner, kemudian pilih drive atau folder yang hendak kita scan, seperti berikut :
fix
Akhirnya menemukan virus seperti berikut :
smaddav-1
Hebatnya bisa otomatis langsung membuka file gambar yang sudah di super hidden oleh virus secara otomatis dengan satu tombol

Virus yang tidak terdeteksi oleh virus oleh dengan sukses terdeteksi oleh Smadav :) dan smadav bisa disandingkan dengan antivirus buatan luar seperti Avira free personal. Smadav Antivirus Lokal bercitarasa Internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar